MUSLIM YANG BERPEGANG TEGUH KEPADA AL QURAN AKAN DIANGKAT DERAJATNYA

Posted: Maret 1, 2013 in Uncategorized

Edisi 012

Pengasuh : Prof.DR.H.Salim Bajri

Assalamuallaikum wr wb,..
kaidah-memahami-alquran-sunnah23Pada diri setiap manusia ada unsur yang sangat penting tapi sangat berbahaya bagi kehidupan manusia dikatakan penting karena hawa nafsu untuk menumbuhkan kreatif dan dinamis. Karenanya Allah sediakan wahyu Ilahi untuk membimbingnya agar manusia menjadi terhormat dan mulia dimana saja berada, baik di daratan maupun di lautan.

Allah Swt Berfirman dalam QS. 17:70 :

 

 

“Dan Sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan[862], Kami beri mereka rezki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yangtelah Kami ciptakan”.

Dalam hal ini tergantung yang bersangkutan membina unsure tersebut. Bagi orang yang tidak memperhatikan (tidak membinanya) maka yang bersangkutan akan jatuh ke lembah kehinaan, apakah berjudi, berzina, meminum minuman keras, menelan narkoba, korupsi dan semua bentuk kemaksiatan. Atau lainnya, bisa tumbuh sifat egonya, takkabbur, sombong, rasa diri sebagai orang super, rasa diri sebagai Nabi, bahkan ada yang merasa dirinya menjadi Tuhan. Inilah unsur yang sangat berbahaya, yaitu hawa nafsu yang diterlantarkan, yang tidak pernah dibina oleh wahyu Ilahi. Hal semacam ini dimanfaatkan oleh syaitan, terus digiring ke lembah yang lebih dalam, sedangkan yang bersangkutan tidak merasa. Apakah ditumbuhkan terus sifat egonya, sehingga merasa diri menjadi Tuhan, seperti Fir’aun. Atau digiring kelembah kehinaan sehingga hilang rasa malu dan tindak tanduknya seperti binatang. Orang semacam ini digambarkan dalam Al-Qur’an seperti anjing yang mengulurkan lidahnya.

Allah Swt Berfirman dalam Qs. 7 : 175-177.

 

 

 

 

 

 

 

 

175. Dan bacakanlah kepada mereka berita orang yang telah Kami berikan kepadanya ayat-ayat Kami (pengetahuan tentang isi Al Kitab), kemudian Dia melepaskan diri dari pada ayat-ayat itu, lalu Dia diikuti oleh syaitan (sampai Dia tergoda), Maka jadilah Dia Termasuk orang-orang yang sesat.

176. Dan kalau Kami menghendaki, Sesungguhnya Kami tinggikan (derajat)nya dengan ayat-ayat itu, tetapi Dia cenderung kepada dunia dan menurutkan hawa nafsunya yang rendah, Maka perumpamaannya seperti anjing jika kamu menghalaunya diulurkannya lidahnya dan jika kamu membiarkannya dia mengulurkan lidahnya (juga). demikian itulah perumpamaan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat kami. Maka Ceritakanlah (kepada mereka) kisah-kisah itu agar mereka berfikir.

177. Amat buruklah perumpamaan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami dan kepada diri mereka sendirilah mereka berbuat zalim.

Kalau kita memperhatikan ayat di atas sebenarnya Allah akan mengangkat derajat manusia ke derajat yang paling tinggi, karena itu jabatan khalifah (penguasa tunggal di dunia) diserahkan kepada manusia tidak kepada malaikat, tidak juga kepada jin. Karena akal manusia serba terbatas dan ilmunyapun sangat sedikit, maka Allah turunkan wahyuNya dalam Al-Qur’an untuk membimbing akal manusia agar berhasil mencapai derajat tertinggi. Tetapi pada diri manusia pada umumnya tanpa disadari ada dua musuh yang sangat membahayakan bagi kehidupan manusia, yaitu hawa nafsu dan syaitan, sebagaimana telah dijelaskan pada edisi ke 10. Maka hawa nafsu yang banyak mendapat input masalah keduniaan, lupa akan bimbingan wahyu Ilahi yang akan mengangkat derajat tinggi lagi mulia. Dalam kondisi semacam ini syaithan mengambil kesempatan untuk mendorongnya agar yang bersangkutan menjadi manusia yang tersesat dan terhina di dunia dan akhirat. Karena itu nabi Yusuf mengambil sikap yang tegas tentang hawa nafsu.

Allah Swt Berfirman dalam Qs. 12 : 53 :

 

 

 

“Dan aku tidak membebaskan diriku (dari kesalahan), karena Sesungguhnya nafsu itu selalu menyuruh kepada kejahatan, kecuali nafsu yang diberi rahmat oleh Tuhanku. Sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun lagi Maha Penyanyang”.

Bersambung…..

Ikuti KAJIAN TAFSIR HARI JUM’AT MALAM & SABTU PAGI di

MAJLIS TA’LIM “ASY-SYAFI’I”

Jl. Pekarungan Panjunan Cirebon Telp. (0231) 203854 HP. 082116222138

 

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s