ORANG YANG LUPA AKAN PERINGATAN ALLA,AKAN DITIMPAKAN AZAB SETELAH KEMAUANNYA DITAMBAH

Posted: Februari 23, 2013 in Uncategorized

Edisi 011

Pengasuh : Prof.DR.H.Salim Bajri

Assalamuallaikum wr wb,..
4Pada umumnya manusia sangat tertarik dengan kemewahan kehidupan dunia, apakah kekayaan atau jabatan, karena idamannya bisa menikmati rumah mewah, mobil bagus, uang banyak. Hal semacam ini tak ubahnya laksana orang memandang gunung dari jauh sangat indah dan menarik, se-olah-olah ingin membangun fila diatasnya. Setelah didekati, jangan lagi membangun fila, bermalam semalampun enggan, karena banyak phon-pohon yang nampak ruwet, duri-duri dan batu-batu yang berserakan. Demikianlah kondisi orang yang hidup mewah dibandingkan yang hidup sederhana. Begitulah pandangan kehidupan dunia yang serba relatif, hanya saling memandang belum tentu yang mewah itu menyenangkan kehidupan. Yang pasti, yang menyenangkan kehidupan menurut Al-Qur’an adalah iman

Allah berfirman dalam Qs. 13 : 28 :

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram”.

Sebagaimana pada edisi yang lalu telah dijelaskan dalam surat Al-Hadid ayat 20, bahwa kehidupan dunia tiada lain hanyalah permainan yang bisa melalaikan, tanpa disadari mengejar-ngejar keduniaan, usia dimakan masa, hasil keduniaan akan ditinggalkan di dunia. Sedangkan bekal untuk akhirat yang kekal tersia-siakan. Memang menurut ayat tersebut di dunia banyak keindahan-keindahan yang menyebabkan manusia berlomba-lomba memperbanyak harta dan anak-anak untuk bersombong-sombongan walaupun sekilas nampak hartanya banyak, anak-anaknya sukses, kita tidak boleh mengaguminya, karena dengan sebab itu Allah akan menyiksanya.

Allah berfirman dalam Qs. 9 : 55 :

“Maka janganlah harta benda dan anak-anak mereka menarik hatimu. Sesungguhnya Allah menghendaki dengan (memberi) harta benda dan anak-anak itu untuk menyiksa mereka dalam kehidupan di dunia dan kelak akan melayang nyawa mereka, sedang mereka dalam Keadaan kafir”.

Islam tidak melarang untuk mendapatkan kekayaan bahkan menganjurkan agar setiap muslim menjadi kaya, dengan isyarat sekian banyak ayat dalam Al-Qur’an menganjurkan untuk mengeluarkan zakat dan berinfaq, tidak ada satu ayatpun yang menganjurkan untuk meminta zakat atau infaq. Dengan catatan agar setiap muslim menjadi kaya, tapi tidak bersikap sombong, fasik dan munafik, tapi tetap beriman. Allah mengajarkan kepada hambaNya untuk mendapatkan kebaikan dunia dan akhirat

Allah berfriman dalam Qs. 2 : 201 :

“dan di antara mereka ada orang yang bendoa: “Ya Tuhan Kami, berilah Kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah Kami dari siksa neraka”

Pada umumnya dikala Allah memberikan kebaikan dunia, apakah kekayaan atau kedudukan yang menyenangkan, lupa akan berbagai peringatan Allah yang terdapat dalam Al-Qur’an, yang semula rajin mengkaji Al-Qur’an ditinggalkan, demikian juga yang semula rajin shalat ke masjid, sudah tidak lagi mengunjungi masjid, bahkan berubah, mengunjungi diskotik-diskotik, dansa dansi, karokean dan sebagainya. Orang yang bersifat demikian, Allah tambah lagi kesenangannya, rizkinya akan bertambah dan melimpah datang dari berbagai sisi, sehingga menjadi orang yang benar-benar lupa daratan, selalu berfoya-foya dan bersuka ria dengan kekayaan dan kemewahannya. Pada saat itulah, Allah turunkan bencana dengan seketika, yang bersangkutan akan bungkam seribu bahasa, tiada lagi arti penyesalan yang dirasakannya

Allah berfirman dalam Qs. 6 : 44 :

“Maka tatkala mereka melupakan peringatan yang telah diberikan kepada mereka, Kamipun membukakan semua pintu-pintu kesenangan untuk mereka; sehingga apabila mereka bergembira dengan apa yang telah diberikan kepada mereka, Kami siksa mereka dengan sekonyong-konyong, Maka ketika itu mereka terdiam berputus asa”

Karena itu, orang yang mendapatkan kenikmatan dunia pandai-pandailah bersyukur kepada pemberi nikmat, dengan jalan meningkatkan iman dan ibadah serta taqarrub kepada Allah SWT, agar tidak terkena bencana dan nikmat akan berjalan  terus.

Bersambung……

Ikuti KAJIAN TAFSIR HARI JUM’AT MALAM & SABTU PAGI di

MAJLIS TA’LIM “ASY-SYAFI’I”

Jl. Pekarungan Panjunan Cirebon Telp. (0231) 203854 HP. 082116222138

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s