MEMBACA AL QURAN HARUS DENGAN TERJEMAH,AKAN MENUMBUHKAN IMAN

Posted: April 28, 2013 in Uncategorized

program-membaca-alquran-dan-pemahaman-terjemahannya-

EDISI : 028

Pengasuh : Prof.DR.H.Salim Bajri

assalamuallaikum wr wb…

            Kalau memperhatikan kondisi dan keadaan umat jahiliyah sebelum memeluk Islam, sebagaimana telah dimuat pada edisi 027 top buruknya dalam segala hal. Tetapi setelah memeluk Islam, hatinya diisi oleh wahyu Ilahi, berarti dicuci dan dibersihkan dari berbagai kekotoran, maka kembali menjadi fitrah, kemudian tumbuh menjadi iman. Maka sikap dan perilakunya berubah 180 drajat bersifat Qu’ani, memang perubahannya terhitung cepat.   Al-Qur’an  turun dengan  bahasa  Arab  dan  mereka  orang  Arab,  maka  begitu  mereka  mendengar  ayatal-Qur’an langsung memahami dan minat, maka hidayah masuk. Qs. Al-Baqarah (2:213).

 فَهَدَى اللَّهُ الَّذينَ ءامَنوا لِمَا اختَلَفوا فيهِ مِنَ الحَقِّ بِإِذنِهِ ۗ وَاللَّهُ يَهدى مَن يَشاءُ إِلىٰ صِرٰطٍ مُستَقيمٍ

 “….Maka Allah memberi petunjuk orang-orang yang beriman kepada kebenaran tentang hal yang mereka perselisihkann itu dengan kehendak-Nya. dan Allah selalu memberi petunjuk orang yang dikehendaki-Nya kepada jalan yang lurus”

Karenanya membaca al-Qur’an harus dengan terjamah. Maka hidayah akan masuk, kalau hidayah masuk, iman akan tumbuh dan siap isi al-Qur’an  dijadikannya bimbingan hidup. Dalam waktu yang tidak lama, Nabi Muhammad saw membimbing umat dengan wahyu Ilahi, bukan saja menumbuhkan iman, tetapi memajukan segala bidang kehidupan. Yang semula bersifat statis, setelah dibina wahyu Ilahi, tumbuh semangat yang tinggi (ruhul jihad), masing-masing merasa bertanggung jawab untuk membawa misi agama Allah, dengan menggunakan ilmunNya Allah yang diperoleh dari al-Qur’an. Qs. Hud (11:14

فَإِلَّم يَستَجيبوا لَكُم فَاعلَموا أَنَّما أُنزِلَ بِعِلمِ اللَّهِ وَأَن لا إِلٰهَ إِلّا هُوَ ۖ فَهَل أَنتُم مُسلِمونَ 

“Jika mereka yang kamu seru itu tidak menerima seruanmu (ajakanmu) itu maka ketahuilah, sesungguhnya Al Quran itu diturunkan dengan ilmu Allah, dan bahwasanya tidak ada Tuhan selain Dia, maka maukah kamu berserah diri (kepada Allah)?”               

                Al-Quran diturunkan dengan ilmuNya Allah, jangan heran bagi hambaNya yang mengikuti bimbingan wahyuNya akan cerdas dan maju dalam segala bidang. Para shahabat Nabi dilanjutkan tabiit-tabiin, pada saat itu belum ada penerangan listrik, juga belum ada kemajuan teknologi, tapi sudah mampu menerbitkan kitab-kitab tebal berpuluh-puluh jilid. Juga pada saat itu,  sudah mampu membawa misi Islam ke daratan India, terus ke timur daratan Tiongkok,  ke barat ke Afrika, ke Spanyol sampai ke daratan Prancis. Dan pada saat itu dunia Islam telah tumbuh mercu suar ilmu pengetahuan, di barat di Andalusia, di timur di Baghdad.

             Dunia barat masih tidur, bahkan mereka menimba ilmu pengetahuan dari dunia Islam. Maka umat Islam masih memiliki modal besar, ya’ni al-Qur’an yang masih asli yang telah dibuktikan kecanggihannya oleh Rasulullah, para shahabat, dan tabiit-tabiin. Para Malaikatpun yang kerjanya naik turun dari langit ke bumi, tetap mengharapkan ilmunya dari Allah swt. Qs. Al-Baqarah (2:31-32-33).

وَعَلَّمَ ءادَمَ الأَسماءَ كُلَّها ثُمَّ عَرَضَهُم عَلَى المَلٰئِكَةِ فَقالَ أَنبِـٔونى بِأَسماءِ هٰؤُلاءِ إِن كُنتُم صٰدِقينَ ﴿٣١﴾ قالوا سُبحٰنَكَ لا عِلمَ

لَنا إِلّا ما عَلَّمتَنا ۖ إِنَّكَ أَنتَ العَليمُ الحَكيمُ ﴿٣٢﴾ قالَ يٰـٔادَمُ أَنبِئهُم بِأَسمائِهِم ۖ فَلَمّا أَنبَأَهُم بِأَسمائِهِم قالَ أَلَم أَقُل لَكُم إِنّى أَعلَمُ

غَيبَ السَّمٰوٰتِ وَالأَرضِ وَأَعلَمُ ما تُبدونَ وَما كُنتُم تَكتُمونَ ﴿٣٣﴾

“Dan Dia mengajarkan kepada Adam nama-nama (benda-benda) seluruhnya, kemudian mengemukakannya kepada para Malaikat lalu berfirman: “Sebutkanlah kepada-Ku nama benda-benda itu jika kamu mamang benar orang-orang yang benar!. Mereka (Malaikat) menjawab: Maha suci Engkau, tidak ada yang kami ketahui selain dari apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami; Sesungguhnya Engkaulah yang Maha mengetahui lagi Maha Bijaksana. Allah berfirman: “Hai Adam, beritahukanlah kepada mereka (Malaikat) nama-nama benda ini.” Maka setelah diberitahukannya kepada mereka (Malaikat) nama-nama benda itu, Allah berfirman: “Bukankah sudah Ku katakan kepadamu, bahwa sesungguhnya aku mengetahui rahasia langit dan bumi dan mengetahui apa yang kamu lahirkan dan apa yang kamu sembunyikan?”

                 Ilmunya Allah meliputi semua yang ada dalam alam, di langit, di bumi, di dunia sampai akhirat. Namun sayang umat Islam tidak mau mengkaji isi al-Qur’an dan mengambil manfaat darinya agar menjadi umat yang maju dalam segala hal kehidupan. Masih ada umat Islam yang menjadikan al-Qur’an sebagai jimat diletakan diatas kastok, pola hidup kesehariannya bersifat tradisional, tidak bersifat Qur’ani. Akibatnya terjadi berbagai keburukan, merajalelanya korupsi, penipuan, perzinahan, pemabukan, perjudian, homosex, kekejaman, perkelahian antar kampung, suku dan pelajar. Sudah mulai Nampak kembalinya sifat jahiliyah di abad ke 20. Kalau umat sudah banyak melanggar larangan Allah (berbuat maksiyat) merupakan pertanda akan terjadi bencana besar dan khwatir akan dihancurkannya negeri itu. Qs. Al-Isra (17:16).

وَإِذا أَرَدنا أَن نُهلِكَ قَريَةً أَمَرنا مُترَفيها فَفَسَقوا فيها فَحَقَّ عَلَيهَا القَولُ فَدَمَّرنٰها تَدميرًا

“Dan jika Kami hendak membinasakan suatu negeri, maka Kami perintahkan kepada orang-orang yang hidup mewah di negeri itu (supaya menaati Allah) tetapi mereka melakukan kedurhakaan dalam negeri itu, maka sudah sepantasnya berlaku terhadapnya perkataan (ketentuan Kami), kemudian Kami hancurkan negeri itu sehancur-hancurnya.”

Bersambung

Ikuti KAJIAN TAFSIRnya DI HARI JUM’AT MALAM & SABTU PAGI di

MAJLIS TA’LIM “ASY-SYAFI’I”

Jl. Pekarungan Panjunan Cirebon Telp. (0231) 203854 HP. 082116222138

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s