ORANG-ORANG JAHILIYAH SUDAH MENGENAL ALLAH,TAPI KALAU BERDOA HARUS MELALUI PERANTARA

Posted: April 28, 2013 in Uncategorized

 

hijrah1

EDISI 026

Pengasuh   : Prof.DR.H.Salim Bajri

assaalamuallaikum wr wb,..

Orang-orang jahiliyah sebelum memeluk Islam, menganggap bahwa Allah swt mempunyai agen-agen di bumi untuk menghubungkannya dikala hamba-Nya beribadah atau berdoa. Kalau istilah sekarang adalah ajudan, jadi Allah disamakan dengan Presiden mempunyai ajudan, orang tidak bisa langsung, tapi harus melalui ajudan terlebih dahulu. Karenanya sebelum Islam terpampang ± 360 patung di atas Ka’bah merupakan realisasi ruh-ruh orang sholeh yang telah meninggal, setiap kaum mempunyai nama-nama ruh orang sholeh yang telah meninggal, apabila berdoa atau ibadah harus melalui ajudan-ajudan tersebut. Hal semacam ini dianggap wajar, namanya juga jahiliyah (orang-orang bersifat bodoh). Sehingga setelah nabi Muhamad saw diutus menjadi rasul dan telah membawa wahyu Ilahi, mereka pun berani memerintah Nabi menyembah Tuhan-tuhan mereka. Walaupun mereka sudah mengenal wahyu Ilahi, tapi mereka menganggap ajaran nenek moyang lebih akurat dan lebih benar. Ini bahayanya orang yang suka mengamalkan tradisi-tradisi, dipeluk syaithan dan sukar keluar. Qs. Azzumar (39: 64-65-66)

          قُل أَفَغَيرَ اللَّهِ تَأمُرونّى أَعبُدُ أَيُّهَا الجٰهِلونَ            ٦٤

    وَلَقَد أوحِىَ إِلَيكَ وَإِلَى الَّذينَ مِن قَبلِكَ لَئِن أَشرَكتَ لَيَحبَطَنَّ عَمَلُكَ وَلَتَكونَنَّ مِنَ الخٰسِرينَ   ٦٥

بَلِ اللَّهَ فَاعبُد وَكُن مِنَ الشّٰكِرينَ     ٦٦ 

Katakanlah hai Muhammad: “Maka Apakah kamu menyuruh aku menyembah selain Allah, hai orang-orang jahiliyyah?”Dan sesungguhnya telah diwahyukan kepadamu dan kepada (nabi-nabi) yang sebelummu. “Jika kamu mempersekutukan (Tuhan), niscaya akan hapuslah amalmu dan tentulah kamu termasuk orang-orang yang merugi. Karena itu, maka hendaklah Allah saja yang kamu sembah dan hendaklah kamu termasuk orang-orang yang bersyukur”.

Orang-orang jahiliyah pada saat itu memerintah nabi Muhammad saw untuk menyembah dan berdoa melalui patung-patung tersebut. Karena, itu peninggalan nenek moyang dianggap pasti baik, dan mereka bertanya kepada Nabi, apakah nenek moyangmu dianggap sesat? Inilah Asbabunnuzul turunnya ayat tersebut, karena pertanyaan kafir Qurasy kepada Nabi “Diriwayatkan oleh Al-Baihaqi di dalam kitabnya ad-Dalaail, yang bersumber dari al Hasan al-Bashri”.

Memang nenek moyang dianggap sesat kalau meninggalkan amalan-amalan dari hawa napsu maupun tradisi-tradisi dan bukan dari wahyu Ilahi maupun hadits Rasul. Allah swt memperingatkan Nabi, hati-hati kamu telah diberi wahyu, ikuti wahyu dan ikuti pelajaran Nabi-nabi sebelum kamu. Kalau kamu mengikuti mereka (kafir qurasy) kamu akan musyrik dan semua amalmu akan sirna. Karenanya waktu Nabi Muhammad menerima wahyu berupa Alqur’an 30 Juz, tidak ada satu ayatpun, perintah dari Allah untuk berdoa melalui ruh kakeknya Nabi Ibrahim as maupun ruh-ruh nabi lainnya. Padahal ruh nabi Ibrahim dan ruh para nabi lainnya, berada disisi Allah dan dijamin ahli surga, ini sangat akurat sekali, tapi Allah tidak memerintahkannya. Adapun yang lain siapapun orangnya belum pasti, karena yang mampu menilai hati seseorang baik tidaknya hanya Allah, kita manusia hanya bisa praduga dari luar, dan tidak bisa memastikan. Adapun surat Al Maidah ayat 35, menurut Imam Al Baidhowi di dalam kitabnya tafsir Al Baidhowi, Jilid I, halaman 265.

ياايها الذين آمنوا اتقواالله وابتغوا إليه الوسيلة: آي ماتتوسلون به الى ثوابه والزلفى منه فعل الطاعات 

“Hai orang-orang yang beriman bertaqwalah kepada Allah, carilah jalan (sebab) yang mendekatkan diri kepada Allah,   hendaklah kamu mencari wasilah (sebabsebab) berbagai ibadah agar memperoleh taqwa serta pahala agar menjadi dekat kepada Allah, dengan jalan agar taat kepada semua perintahNya dan menjauhkan semua larangan-Nya.”

Boleh mengikuti amalan-amalan Nabi sebelumnya tapi Allah berikan dalilnya dalam Al-qur’an, walaupun Nabi, tidak sekehendak hawa napsunya. Kalau Nabi mempunyai pendapat keagamaan diungkapkan dalam hadits, tetap dalam bimbingan wahyu Ilahi. Qs. Annajem (53: 3-4)

                                ( وَما يَنطِقُ عَنِ الهَوىٰ      ﴿٣﴾    إِن هُوَ إِلّا وَحىٌ يوحىٰ      ﴿٤

(3) dan tiadalah yang diucapkannya itu (Al Qur’an) menurut kemauan hawa nafsunya. (4)Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya),

Memang pada umumnya manusia suka mengikuti selera hawa napsu, walaupun itu merupakan praduga, sehingga kebanyakan manusia terjerumus ke lembah kefasikan, karena mengikuti hawa napsu dan meninggalkan bimbingan wahyu Ilahi. Qs. Annajem (53: 19-20-21-22-23)

أَفَرَءَيتُمُ اللّٰتَ وَالعُزّىٰ ﴿١٩﴾ وَمَنوٰةَ الثّالِثَةَ الأُخرىٰ ﴿٢٠﴾ أَلَكُمُ الذَّكَرُ وَلَهُ الأُنثىٰ ﴿٢١﴾ تِلكَ إِذًا قِسمَةٌ ضيزىٰ ﴿٢٢﴾ إِن هِىَ

إِلّا أَسماءٌ سَمَّيتُموها أَنتُم وَءاباؤُكُم ما أَنزَلَ اللَّهُ بِها مِن سُلطٰنٍ ۚ إِن يَتَّبِعونَ إِلَّا الظَّنَّ وَما تَهوَى الأَنفُسُ ۖ وَلَقَد جاءَهُم مِن

(رَبِّهِمُ الهُدىٰ﴿٢٣

“Maka apakah patut kamu (hai orang-orang musyrik) mengaggap al Lata dan al Uzza, dan Manat  yang ketiga, yang paling terkemudian (sebagai anak perempuan Allah?. Apakah (patut) untuk kamu (anak) laki-laki dan untuk Allah (anak) perempuan?.Yang demikian itu tentulah suatu pembagian yang tidak adil. Itu tidak lain hanyalah nama-nama yang kamu dan bapak-bapak kamu mengadakannya; Allah tidak menurunkan suatu keteranganpun untuk (menyembah) nya. mereka tidak lain hanyalah mengikuti sangkaan-sangkaan, dan apa yang diingini oleh hawa nafsu mereka dan sesungguhnya telah datang petunjuk kepada mereka dari Tuhan mereka”.

Bersambung ………

Ikuti KAJIAN TAFSIRnya DI HARI JUM’AT MALAM & SABTU PAGI di

MAJLIS TA’LIM “ASY-SYAFI’I”

Jl. Pekarungan Panjunan Cirebon Telp. (0231) 203854 HP. 082116222138

   

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s